Pengertian sistem informasi

Pengertian sistem informasi adalah suatu bagian atau sub-sub atau elemen-elemen yang saling berkaitan satu sama lainnya untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Karakteristik dari sistem itu sendiri mempunyai komponen-komponen, batasan sistem, lingkungan luar sistem, penghubung, masukan, keluaran, proses, dan sasaran/tujuan.

  • Komponen sistem

Komponen merupakan bagian dari sistem di mana komponen sistem itu berinteraksi satu sama lain. Setiap komponen sistem itu bisa di sebut juga sub sistem yang berkaitan satu sama lainnya untuk mencapai suatu tujuan. Komponen sistem mempunyai sifat untuk menjalankan suatu fungsinya masing-masing. Jika salah satu dari bagian sistem tidak dapat berjalan dengan baik maka sistem akan mengalami masalah.

  • Batasan sistem

Batatan sistem merupakan wilayah suatu pekerjaan dari komponen sistem untuk membatasi wilayah wilayahnya. Jika sistem tidak memiliki batasan sistem maka sistem akan saling berebut pekerjaan yang menjadikan sistem itu menjadi kacau.

  • lingkungan luar sistem

Lingkungan luar sistem merupakan keseluruhan dari sistem itu sendiri yang berada di luar batasan sistem. Sebuah sistem di katakan sistem informasi yaitu apabila memiliki lingkungan dan batasan sistem. dan juga lingkungan luarnya itu berbatasan langsung dengan batasan sistem.

  • penghubung sistem

Penghubung sistem merupakan media subsistem yang berfungsi menghubungkan antara subsistem dengan subsistem yang lainnya.

  • Masukan sistem

Masukan sistem merupakan awalan dari sebuah proses berjalannya suatu sistem itu sendiri. Input dapat berupa data maintanance dan sinyal input. Maintanance merupakan data yang di gunakan untuk menggerakkan sistem. Sinyal input merupakan data yang akan di hasilkan pada output.

  • Keluaran sistem

Keluaran sistem merupakan hasil dari proses yang berjalan yang menghasilkan keluaran yang dapat berupa bentuk objek, gambar, atau tampilan.

  • Proses sistem

Proses sistem merupakan bagian dari sistem yang berguna untuk mengelola data yang di terima dari masukan sistem yang nantinya akan menjadi suatu keluaran atau output.

  • Sasaran sistem

Sasaran sistem merupakan inti dari suatu sistem itu sendiri. Sasaran sistem sangat menentukan sekali dalam masukan sistem serta keluaran sistem. Apabila sistem tidak memiliki sasaran maka sistem itu tidak ada gunanya.

Advertisements